|
Sendi Sehat Racikan Omega-3 |
|
| |
 |
Omega-3 lagi? Mungkin begitulah pikir Anda setelah membaca judul di atas. Ya, rasanya tidak ada habis-habisnya membicarakan Omega-3 dan segala manfaatnya. Mulai dari membantu menjaga kesehatan jantung, membantu perkembangan otak, hingga membantu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, Omega-3 ternyata dapat memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh, hingga ke kesehatan sendi. |
| |
Omega-3 |
Omega-3 adalah asam lemak ’baik’ yang diketahui memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa Omega-3 berperan penting di dalam pertumbuhan dan perkembangan otak, membantu menjaga kesehatan tulang, serta berkaitan erat dengan lebih rendahnya tingkat risiko asma dan penyakit diabetes tipe 1. Dan yang paling banyak diketahui, Omega-3 terbukti memiliki manfaat lebih untuk kesehatan jantung, seperti tercantum pada jurnal Circulation. |
| |
Omega-3 dan Kesehatan Sendi |
Manfaat Omega-3 tidak berhenti di situ saja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Omega-3 juga dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Hasil penelitian yang tercantum pada Scandinavian Journal of Rheumatology menyatakan bahwa para penderita penyakit sendi yang banyak mengkonsumsi Omega-3 ternyata terhambat perkembangan penyakitnya. |
|
|
|
Sama seperti manfaat Omega-3 untuk kesehatan jantung yang pertama kali ditemukan pada orang-orang Eskimo, manfaat Omega-3 untuk kesehatan sendi juga pertama kali diamati pada orang-orang Eskimo. Suku Inuit dari Eskimo yang banyak mengkonsumsi seafood (banyak mengandung Omega-3) ternyata jarang terkena penyakit sendi. Padahal, mereka diketahui memiliki faktor keturunan penyakit ini. |
| |
Manfaat Omega-3 untuk kesehatan sendi ini diketahui berhubungan dengan kemampuan Omega-3 untuk mencegah terjadinya peradangan. Asam lemak Omega-3 diyakini berhubungan dengan pembentukan senyawa prostaglandin. Senyawa ini adalah senyawa yang diketahui memiliki sifat anti-peradangan atau dapat menghambat terjadinya peradangan. |
| |
Jadi, pastikan konsumsi Omega-3 Anda mencukupi dan dapatkan perlindungan menyeluruh dari Omega-3. |
| |
|
|
|
|
|
|
|
|