Klik disini untuk belanja produk HiLo secara online
Belanja produk HiLo secara online
Information Information
Glukosamin: Aksi Ganda Untuk Tulang dan Sendi
Glukosamin: Aksi Ganda Untuk Tulang dan Sendi

Tulang dan sendi bagaikan sendok dan garpu. Keduanya saling mendukung dan memiliki tujuan yang sama. Jika sendok dan garpu memudahkan Anda untuk menyantap makanan. Tulang dan sendi justru lebih besar lagi manfaatnya, yaitu untuk memberikan kebebasan Anda untuk beraktivitas.

Tulang yang kuat, tentunya belum cukup memberikan kebebasan bagi Anda, jika sendi masih sering terasa nyeri. Begitu juga, jika Anda telah memiliki sendi yang sehat, namun tulang mulai keropos. Pastinya risiko patah tulang akan selalu menghantui Anda. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga keduanya.

Olahraga Merusak Sendi?
Terkadang tanpa kita sadari, kerusakan sendi juga dapat disebabkan aktivitas kita yang banyak menggunakan hentakan, sehingga memberikan penekanan pada sendi. Aktivitas lain yang juga berisiko menimbulkan nyeri sendi adalah olahraga dengan intensitas tinggi disertai dengan loncatan dan tendangan seperti sepak bola dan basket. Olahraga seperti ini akan memberikan tekanan pada sendi-sendi Anda. Oleh karena itu sangatlah baik jika Anda mengetahui teknik bermainnya terlebih dahulu, agar tidak cidera kemudian.

Tulang dan Sendi Sehat, Tidak Cukup Kalsium
Tentunya Anda sudah tahu, bahwa untuk mendapatkan tulang yang kuat Anda memerlukan cukup kalsium. Sedangkan untuk sendi yang sehat Anda memerlukan glukosamin dan kondroitin. Namun ternyata penelitian terbaru menunjukkan bahwa glukosamin tidak hanya bermanfaat untuk sendi, melainkan juga untuk kesehatan tulang para penderita osteoarthritis atau nyeri sendi.

Osteoarthritis dan Kesehatan Tulang
Osteoarthritis adalah penyakit rematik atau nyeri sendi yang paling banyak ditemukan dan disebabkan oleh kerusakan jaringan tulang rawan. Jaringan tulang rawan berfungsi untuk melapisi tulang dan membantu pergerakan sendi. Akibatnya, kerusakan tulang rawan (seperti yang terjadi pada penderita osteoarthritis atau nyeri sendi) akan menyebabkan tulang saling berbenturan saat bergerak yang menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan sendi.

Tapi, masalah yang dihadapi oleh penderita osteoarthritis atau nyeri sendi ternyata bukan hanya masalah pada sendi, melainkan juga pada tulang. Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Osteoarthritis Cartilage menunjukkan bahwa para penderita osteoarthritis pada bagian sendi tangan ternyata memiliki tingkat kepadatan tulang pada jari-jari tangan yang lebih rendah. Berarti, para penderita osteoarthritis ini berisiko menderita osteoporosis (penyakit kerapuhan tulang) di kemudian hari.

Sebuah hasil penelitan lain yang dilakukan oleh para ahli dari University of Toronto juga menunjukkan bahwa osteoarthritis erat kaitannya dengan tingkat kepadatan tulang yang lebih rendah. Selain itu, osteoarthritis juga dapat mempengaruhi metabolisme tulang dengan meningkatkan laju pembongkaran tulang dan memperlambat proses mineralisasi tulang.

Glukosamin untuk Tulang
Glukosamin adalah senyawa yang secara alami terdapat pada tubuh, terutama pada jaringan penghubung dan jaringan tulang rawan. Bersama dengan kondroitin, glukosamin sudah banyak terbukti dapat membantu mengatasi masalah sendi pada penderita osteoarthritis. Glucosamine terbukti dapat menstimulasi produksi tulang rawan dan menghambat enzim yang menghancurkan tulang rawan.

Tapi manfaat glukosamin tidak berhenti di situ saja. Ternyata, glukosamin dapat membantu menghambat terjadinya perubahan metabolisme tulang pada penderita osteoarthritis. Seperti tercantum pada jurnal Arthritis and Rheumatism, suplementasi glukosamin dapat menghambat terjadinya peningkatan laju pembongkaran tulang yang dialami oleh penderita osteoarthritis.

Bagi Anda penderita osteoarthritis, dapatkan manfaat ganda dari glukosamin. Untuk tulang dan sendi yang sehat sehingga Anda bisa lebih bebas bergerak. Sertakan juga aktivitas olahraga rutin untuk menunjang keehatan sendi Anda. Pilihlah olahraga low impact aerobic, seperti jalan kaki yang sangat mudah dan dapat Anda lakukan kapan saja. Selamat menikmati aktivitas Anda dengan bebas berkat tulang dan sendi yang sehat!