Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 HGC Bandung berkesempatan untuk kembali melaksanakan kegiatan Green Attack Goes To School. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan local dari HGC Bandung yang rutin diadakan setiap tahunnya. Bertemakan Greenfun Learning, kegiatan HGC Bandung Green Attack Goes To School ini dilaksanakan di SDN Cibeber Mandiri II dan diikuti oleh 43 orang murid. Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kepedulian para murid-murid SDN Cibeber Mandiri II agar peduli terhadap lingkungan sejak dini melalui edukasi/pemahaman dasar mengenai pentingnya pola hidup ramah lingkungan serta lingkungan sehat bagi kehidupan/kesehatan mereka. Kegiatan ini dibuka dengan senam pagi bersama sebelum kegiatan yang disambut antusias oleh murid-murid SDN Cibeber Mandiri II. Setelah senam untuk menambah semangat siswa-siswi SDN Cibeber Mandiri II, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian murid-murid SDN Cibeber Mandiri II kedalam empat kelompok untuk melakukan green activity di tiap-tiap pos yang berbeda.

 

Di pos pertama murid-murid diberikan edukasi mengenai manfaat dan bahaya dari sampah melalui  gerakan memungut sampah bersama di area sekolah serta cara memisahkannya antara sampah organik dan anorganik secara bergantian juga manfaat dari masing-masing sampah tersebut. Di pos yang kedua, murid-murid SDN Cibeber Mandiri II diajak untuk berkenalan dengan reusable bag (tas kain), tumbler (botol minum) dan lunch box serta masing-masing kegunaannya. Kegiatan dilanjutkan di

pos ketiga dimana pada murid SDN Cibeber Mandiri II diberikan edukasi mengenai tujuan atau manfaat menghemat energi salah satunya adalah energi listrik yang dimulai dari rumah masing-masing anak serta dampak buruk bagi lingkungan jika energi terlalu boros digunakan melalui card games. Selanjutnya di pos terakhir, para murid SDN Cibeber Mandiri II diberikan edukasi mengenai menjaga kebersihan diri salah satunya mengenai tahapan 6 langkah cuci tangan yang benar serta mempraktikkannya secara langsung. Kegiatan ini ditutup dengan menonton bersama film animasi bertemakan lingkungan tentang hemat energi dan beberapa murid yang menceritakan kembali pesan untuk menjaga lingkungan dari film yan sudah ditonton bersama.

 

Acara ini akan menjadi agenda tahunan dari HiLo Green Community Bandung untuk menyebarkan kepedulian terhadap lingkungan lebih luas lagi kepada masyarakat dan bisa diterapkan tidak hanya kepada siswa sekolah tetapi juga kepada semua kalangan masyarakat.

Follow us on twitter & instagram : @hilobdg