Bulan agustus diperingati sebagai bulan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonsia. Untuk memeriahkannya Hilo Green Community Malang mengadakan kegiatan Weekend Bareng Hilo yang dikemas dalam bentuk School Campaign dengan tema Merdeka dari Sampah.

 

Event School Campaign ini diawali dengan Roadshow ke SMA Brawijaya Smart School Malang. Bertepatan pada tanggal 6 Agustus 2016, Kegiatan yang mengusung tema Paper Waste ini diawali dengan edugreen dari kak Zulfina Chusnataini dan kak Amitia Nourma. Setelah itu adik-adik dari SMA BSS diajak untuk membuat paper craft dari kertas-kertas bekas. Paper craft yang dibuat sangat unik dan kreatif. Ada yang membuat tempat pensil, kotak serbaguna bahkan vas bunga. Pada event ini kami juga berkolaborasi dengan teman-teman dari Komunitas Earth Hour Malang.

 

School Campaign selanjutnya bertempat di SMAN 1 Batu. Pada kegiatan ini kak Amitia dan kak Rusydi berkesempatan memberikan edugreen dan mengajak teman-teman dari SMAN 1 Batu untuk diskusi dengan tema Plastic Waste, setelah itu teman-teman SMA mempresentasikan hasil diskusinya serta memberikan pendapat dan saran mengenai Plastic Waste. Di hari yang sama juga terdapat kegiatan peresmian Bank Sampah SMAN 1 Batu. Bank Sampah ini nantinya akan menjadi wadah bagi siswa-siswa SMAN 1 Batu untuk menjadi Green Heroes.

 

Roadshow terakhir bertempat di SMPN 2 Malang. Ini merupakan School Campaign terakhir dalam rangkaian Weekend Bareng Hilo. Jika pada kegiatan sebelumnya sudah mengambil tema Paper Waste dan Plastic Waste, pada kegiatan ini tema yang diambil adalah Food Waste. Kegiatan diawali dengan edugreen dari kak Teguh dan kak Rusydi mengenai ketahanan pangan, dilanjutkan edugreen dari kak Zulfina dan kak Cordella mengenai Food Waste. Setelah mendapatkan edukasi siswa-siswa diajak membuat kompos dari sisa makanan dan sayuran dibantu oleh teman-teman dari komunitas Malang Berkebun.

 

Selama rangkaian School Campaign siswa-siswa sangat antusias dalam mengikuti semua kegiatan. Mereka semakin semangat dan lebih peka untuk menjaga lingkungannya. Kegiatan ini juga terlaksana dengan baik karena dukungan dan keakraban antar komunitas pecinta lingkungan. Harapannya dengan kegiatan ini dapat menginspirasi banyak masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga lingkungan sekitarnya. Salam 1 Hijau