Semarang menjadi salah satu kota yang menggelar acara Weekend Bareng Hilo 2016 dari 19 kota di Indonesia. Sabtu 27 Agustus 2016 menjadi tanggal penting Hilo Green Community Semarang, untuk melaksanakan event tahunan yang mengusung tema Merdeka dari Sampah yang berlokasi di tekodeko coffiehuis Semarang. Bertujuan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 dengan aksi edukasi dan memberikan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, acara ini dikemas dengan lebih meriah dan seru oleh serangkaian acara dari green talkshow, workshop, akustik dan stand up comedy yang di ikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri dari 30 komunitas dan selebihnya peserta umum.


Acara ini dihadiri oleh 3 narasumber inspiratif yaitu Franciska Nugrahani finalis hilo green leaders 2016, Sri Mulyani pendiri kelompok wanita tani mulia sejahtera dan peraih penghargaan Nova sebagai wanita inspiratif nasional, dan Agung Setia Budi pendiri komunitas harapan dan aktivis pelatihan kerajinan daur ulang. Peserta di acara WBH tahun ini, dibekali keterampilan khusus pada sesi workshop 3R (reduce, reuse, recycle) yang dipandu oleh Agung Setia Budi dengan memanfaatkan kartu perdana bekas untuk dijadikan miniatur unik. Selain memberikan pelajaran berharga tentang pemanfaatan barang bekas yang dapat lebih bernilai hanya dengan membutuhkan kreatifitas dan kemauan, bahkan kegiatan ini dapat memberikan edukasi bagi perserta terhadap bahaya sampah plastik.


Weekend Bareng Hilo di semarang, berlangsung seru dan terlaksana dengan baik berkat adanya elemen-elemen terpenting yang telah terlibat yaitu para panitia, komunitas, peserta dan 15 media partner yaitu explore semarang, anakmuda.net, EDENTS, ketimbang ngemis semarang, kampusundip.com, green actions, ekspresi, media event, most beauty Indonesia, info kampusku, local magazine, seputarkampus.com, inspiratorfreak.com, bocah tembalang, inovasi project.

Keberhasilan acara ini ditandai dengan antusiasme dan banyaknya masyarakat yang mendaftar, antusiame peserta yang mengikuti kegiatan selama prosesi acara berlangsung, serta yang terpeting adalah dengan kegiatan ini dapat terjalin silahturrahmi atau kedekatan antara komunitas dengan komunitas begitu pun dengan peserta.

Simak perjalanan kami disini yaaa:

Follow us on

instagram : @hilosemarang

youtube : Hilo Green Community Semarang