Pada bulan Agustus lalu, Hilo Green Community Tangerang telah melaksanakan kegiatan Weekend Bareng Hilo dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan 71th Republik Indonesia dengan mengangkat tema “Merdeka Dari Sampah”. Acara dilaksanakan sekaligus menjadi Upgrading Member Hilo Green Community Tangerang 2016.

            Upgrading Member merupakan kegiatan edukasi khususnya internal komunitas guna memperluas wawasan dan mengasah keterampilan anggotanya serta mempererat rasa kekeluargaan HGC Tangerang. Pada Upgrading Member 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2016, kami bekerjasama dengan Akademi Bambu Nusantara guna menambah ilmu para anggota terkait bambu, mulai dari klasifikasi, teknik pembibitan, perawatan, dan masa pertumbuhannya. Para anggota juga diperkenalkan langsung pada jenis-jenis bambu yang dibudidayakan oleh Akademi Bambu Nusantara dan produk bambu yang tengah dibangun, salah satunya adalah Perpustakaan Bambu.

             Kami turut mengundang Kak Bangga selaku Childern and Youth Counselor sebagai Pembicara dalam materi “Improve Your Public Speaking Skill”. Kak Bangga berbagi ilmunya tentang bagaimana berbicara di depan publik, mulai dari sikap tubuh hingga komunikasi efektif. Diharapkan para anggota HGC Tangerang memiliki tingkat kepercayaan diri yang kuat dan mampu berbicara di depan umum dengan baik, karena public speaking sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, utamanya bagi teman-teman HGC Tangerang yang akan menebarkan virus-virus green-lifestyle kepada masyarakat.

              Weekend Bareng Hilo 2016 bertema “Merdeka Dari Sampah” dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2016, kami bekerjasama dengan Sekolah Alam Kandank Jurank Doank yang dirintis oleh seniman Dik Doank. Pada Weekend Bareng Hilo Green Community Tangerang kali ini, kami mengundang Kang Edy Fajar selaku founder EBI Bag untuk memberikan edukasi tentang lingkungan pada adik-adik Kandank Jurank Doank untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini.

              Pemberian materi menggunakan media sulap, sehingga adik-adik lebih antusias, kemudian Green-Quiz diadakan untuk mengulas materi yang telah diberikan. Selanjutnya adik-adik Kandank Jurank Doank dibagi menjadi beberapa kelompok besar untuk membuat kreasi pemanfaatan sampah plastik menjadi Gantungan Kunci Ikan dan pemanfaatan sampah botol plastik menjadi Bottle Garden. Dengan riangnya adik-adik mengikuti arahan dari teman-teman HGC Tangerang dan mulai asyik untuk membuatnya sendiri. Di penghujung acara, kami kedatangan tamu tak terduga yaitu Endy The Magician, pesulap atraktif teman dekat Dik Doank yang menampilkan atraksi sulapnya untuk menghibur adik-adik Kandank Jurank Doank. Acara ditutup dengan kegiatan MISUBA (Minum Susu Bareng) dengan menggunakan tumbler yang telah dibawa dari rumah.

Upgrading Member Hilo Green Community TangerangUpgrading Member Hilo Green Community TangerangUpgrading Member Hilo Green Community TangerangUpgrading Member Hilo Green Community Tangerang Weekend Bareng Hilo Green Community TangerangWeekend Bareng Hilo Green Community TangerangWeekend Bareng Hilo Green Community TangerangWeekend Bareng Hilo Green Community TangerangWeekend Bareng Hilo Green Community TangerangWeekend Bareng Hilo Green Community TangerangWeekend Bareng Hilo Green Community Tangerang