Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia! Saatnya mengingatkan diri untuk semakin mencintai lingkungan dan bertindak ramah lingkungan. Walaupun tentunya, go green tidak terbatas hanya pada hari lingkungan hidup saja, tapi perlu dilakukan setiap hari. Go green jelas bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup yang penting untuk kita dan generasi berikutnya. Tak hanya itu, go green juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Ingin tahu tindakan go green apa saja yang bermanfaat kesehatan?

 

 

Kurangi Emisi, Tingkatkan Aktivitas Fisik
Kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang gas emisi. Hasil pembakaran bahan bakar yang digunakan kendaraan bermotor berkaitan dengan polusi udara. Bahkan, data di Amerika menunjukkan bahwa penggunaan kendaraan bermotor merupakan salah satu aktivitas manusia yang paling menyebabkan polusi. Bahayanya, polusi udara berkaitan dengan berbagai macam gangguan kesehatan seperti asma dan kanker paru-paru.

Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor akan bermanfaat dalam mengurangi polusi udara dan risiko penyakit-penyakit di atas. Tak hanya itu, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor erat kaitannya dengan peningkatan aktivitas fisik yang penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Misalnya, berjalan kaki atau bersepeda jika pergi ke tempat yang dekat serta menggunakan kendaraan umum yang membuat kita lebih banyak berjalan menuju dan dari halte.

 

Matikan Lampu dan Elektronik di Malam Hari
Selain membantu mengurangi penggunaan energi listrik, mematikan lampu atau menyalakan seperlunya saja di malam hari ternyata bermanfaat agar tidur lebih nyenyak. Tubuh kita bergantung pada perbedaan kondisi gelap/terang untuk menentukan waktu beristirahat dan waktu bekerja. Kondisi ruangan yang terang akibat cahaya lampu dapat menyebabkan terhambatnya produksi hormon melatonin ‘si hormon tidur’. Akibatnya, kita pun terjaga dan sulit tertidur.

Tak hanya cahaya lampu saja, cahaya gelombang pendek yang dihasilkan alat-alat elektronik (dikenal sebagaiblue light) ternyata juga dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang membuat kita sulit tidur. Nah, untuk tidur yang lebih nyenyak, usahakanlah untuk mematikan lampu terang dan alat elektronik sekitar 1-2 jam sebelum waktu tidur. Tanam Pohon, Lebih Bahagia Pohon, taman, dan area hijau lainnya tidak hanya sedap dipandang namun juga baik untuk suasana hati dan kesehatan mental. Sudah banyak penelitian yang berhasil menunjukkan bahwa meletakkan tanaman di ruangan atau berjalan-jalan di taman yang rindang dapat membantu mengurangi stress, meningkatkan daya konsentrasi, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kepuasan dan produktivitas kerja. Karena itulah, tinggal di lingkungan yang lebih hijau berkaitan dengan tingkat gangguan mental dan gangguan fisik yang lebih rendah. Mereka yang tinggal di lingkungan yang lebih hijau pun diketahui lebih ramah dan saling membantu.

 

Bersihkan Secara Alami
Menggunakan cairan pembersih yang tidak tepat tak hanya berbahaya untuk lingkungan, tapi juga untuk kesehatan. Ya, senyawa berbahaya pada beberapa jenis cairan pembersih memang dapat mencemari lingkungan atau masuk ke tubuh kita dan menyebabkan gangguan kesehatan. Sebagai alternatif yang lebih sehat dan ramah lingkungan, gunakan bahan-bahan pembersih alami. Salah satunya, cuka yang merupakan pembersih serbaguna. Campuran air dan cuka (1:1) dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi, dapur, dan lantai. Alternatif lainnya, air perasan jeruk lemon yang sama efektifnya.

 

References :

  1. How to Get Healthy by Going Green. 2013. National Geographic.
  2. Climate and Health Program: Prevention and Preparedness. 2009. Centers for Disease Control and Prevention.
  3. Lung Cancer, Cardiopulmonary Mortality, and Long-term Exposure to Fine Particulate Air Pollution. The Journal of American Medical Association. March 6, 2002, Vol 287, No. 9.
  4. A great night’s sleep can dependon the visual conditionsin your bedroom environment. 2012. National Sleep Foundation.
  5. Plants Make You Feel Better. 2009. Psychology Today.
  6. Green spaces ‘improve health’. 2009. BBC News.
  7. Going Green Benefits Physical, Mental Health. 2011.
    http://psychcentral.com/news/2011/04/20/going-green-benefits-physical-mental-health/25492.html
  8. Homemade and Natural Cleaning Products. 2013.
    http://housekeeping.about.com/od/environment/a/Homemade-And-Natural-Cleaning-Products.htm