Magnesium dikenal sebagai salah satu mineral yang penting dalam tubuh. Ternyata magnesium memiliki banyak manfaat buat tubuh kita. Dari penelitian yang ada, asupan magnesium yang cukup merupakan hal yang positif untuk penderita asma.

asma-magnesium

Apakah asma itu?
Menurut Yayasan Asma Indonesia, asma adalah penyakit inflamasi atau radang kronik saluran nafas yang terjadi akibat hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu atau alergi. Akibatnya, saluran nafas mengalami penyempitan, nafas terasa sesak, dada terasa berat, dan batuk menjadi sering. Asma dapat terjadi karena faktor keturunan. Faktor lingkungan seperti debu, makanan tertentu, polusi udara, serta kekurangan nutrisi pun dapat menjadi penyebab terjadinya asma (1).

Fungsi magnesium dalam tubuh
Magnesium ialah makromineral yang penting bagi tubuh. Di dalam tubuh, magnesium berperan dalam menjaga kinerja membran sel, berperan sebagai kofaktor enzim dalam metabolism energi, serta membantu kontraksi dan relaksasi otot, terutama otot halus yang menyusun saluran pernafasan (2).

Hubungan antara magnesium dan asma?
Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa responden yang kekurangan magnesium lebih rentan terserang asma dibandingkan responden yang banyak mengonsumsi magnesium (2,4,5). Selain itu, diketahui bahwa konsumsi magnesium dapat meningkatkan fungsi paru-paru, khususnya pada penderita asma (2,3,4,5).

Magnesium meningkatkan fungsi paru-paru dan meringankan serangan asma dengan memfasilitasi pelebaran bronkus dan relaksasi otot halus yang menyusun saluran pernafasan. Dengan demikian, penyempitan saluran nafas pun dapat dicegah. Selain itu, magnesium pun dapat mencegah inflamasi saluran pernafasan dengan menghambat transmisi cholinergic atau dengan produksi prostacyclin dan sel T-limfosit yang dapat mencegah inflamasi pada saluran pernafasan (2,3).

Magnesium memiliki segudang manfaat yang tidak hanya untuk penderita asma. Jadi jangan lupa untuk memiliki asupan magnesium yang cukup setiap hari karena banyak sekali manfaatnya. Kini HiLo Active diformulasi dengan magnesium khusus. Konsumsilah HiLo Active 2 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan magnesium anda.

HiLo Active, More Active Less Fatigue!

References :

  1. Yayasan Asma Indonesia. www.infoasma.org/asma.html. 24 Maret 2010.
  2. Britton, J., I. Pavord, K. Richards, A. Wisniewski, A. Knox, S. Lewis, A. Tattersfield, and S. Weiss. “Dietary Magnesium, Lung Function, Wheezing, and Airway Hyperreactivity in a Random Adult Population Sample.” The Lancet 344 (1994): 357-362.
  3. Baker, J.C., and J.G. Ayres. “Diet and Asthma.” Respiratory Medicine 94 (2000): 925-934.
  4. Gilliland, F.D., K.T. Berhane, Y.F. Li, D.H. Kim, and H.G. Margolis. “Dietary Magnesium, Potassium, Sodium, and Children’s Lung Function.” American Journal of Epidemiology 155 (2002): 125-131.
  5. Kazaks, A.G., J.Y.Uriu-Adams, T.E. Albertson, S.F. Shenoy, and J.D. Stern. “Effect of Oral Magnesium Supplementation on Measures of Airway Resistance and Subjective Assessment of Asthma Control and Quality of Life in Men and Women with Mild to Moderate Asthma: A Randomized Placebo Controlled Trial.” Journal of Asthma 47 (2010): 83-92.