Masih muda sudah terkena osteoporosis? Selama ini mungkin kita selalu beranggapan bahwa osteoporosis adalah penyakit orang tua. Padahal banyak juga lho yang mengalami osteoporosis di usia yang terbilang muda. Menurut penelitian, ternyata penyebab osteoporosis bukan cuma karena proses penuaan saja. Tanpa sadar, beberapa hal ini ternyata juga dapat menyebabkan osteoporosis.

  1. Gaya Hidup

Beberapa kebiasaan yang kamu anggap remeh ini ternyata dapat menyebabkan osteoporosi. Apa saja itu?

  • Konsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda dapat menyebabkan pelepasan kalsium dari dalam darah sehingga kalau keseringan bisa menyebabkan tulang rapuh.

  • Minuman berkafein dan alkohol

Minuman berkafein seperi kopi dan juga alkohol dapat menyebabkan tulang keropos, rapuh dan rusak.

  • Malas olahraga

Jika kamu malas olahraga, secara tidak langsung kepadatan massa tulang juga akan berkurang.

  1. Mengkonsumi obat

Obat kortikosteroid yang sering digunakan sebagai obat anti peradangan pada penyakit asma dan alergi ternyata berisiko menyebabkan penyakit osteoporosis lho.

  1. Terlalu kurus

Pada dasarnya tulang akan giat membentuk sel asal ditekan oleh bobot yang berat. Jika terlalu kurus maka maka massa tulang cenderung kurang terbentuk sempurna.

Pastinya siapapun kita, nggak mau terkena osteoporosis di usia muda, makanya kita perlu melakukan langkah pencegahan dari sekarang.

  1. Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D setiap harinya.

Agar kekuatan tulang tetap terjaga, maka kamu perlu secara rutin mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung kalsium dan vitamin D. Kalsium dapat kamu peroleh dari susu, sayuran hijau, ikan teri dan kedelai. Sementara vitamin D dapat diperoleh dari minyak ikan, sereal, jamur, dan paparan sinar matahari yang cukup.

  1. Olahraga

Olahraga yang teratur dapat mencegah osteoporosis lho, karena olahraga dapat membantu memperkuat massa tulang kita.

  1. Konsumsi obat

Jika kamu memang diharuskan untuk minum obat kortikosteroid, sebaiknya sebelum mengkonsumsi obat ini, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya untuk meminimalisir dampak obat terhadap tulang.

  1. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah langkah yang tepat buat kamu yang ingin terhindar dari osteoporosis.

  1. Menjaga Asupan makanan

Agar kalsium dalam darah tidak terkikis, kamu perlu menghindari konsumsi kopi, minuman bersoda dan juga minuman beralkohol secara berlebihan ya.

Yuk lakukan pencegahan dari sekarang agar tidak terkena osteoporosis saat masih muda!