Di jaman yang semakin maju ini, kesibukan merupakan hal yang sudah tidak dapat dihindari lagi. Kesibukan-kesibukan yang sudah menjadi rutinitas ini seringkali membuat anda lupa untuk menjaga tubuh anda agar tetap sehat dan fit sehingga sering kali menyebabkan anda merasa lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

blow-fatigue

Berikut terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak cepat lelah dalam menjalani aktivitas sehari-hari:

  1. Olahraga secara teratur (1,2)
    Banyak orang yang merasa dirinya telah menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga di waktu-waktu tertentu atau sekali-sekali. Ternyata hal tersebut belum cukup karena kebiasaan olahraga yang baik adalah berolahraga secara teratur (minimal 30 menit sehari), bukan hanya sekali-kali. Olahraga secara teratur dapat mengatasi kelelahan dalam otot sehingga membantu menjalani aktivitas sehari-hari lebih maksimal. Kelelahan otot ini diatasi dikarenakan penurunan jumlah asam laktat yang menumpuk pada otot anda.Olahraga secara teratur juga dapat dilakukan dengan variasi agar tidak mengalami kejenuhan. Lakukan olahraga kardio di gym, main futsal, sepakbola, basket, badminton, ataupun aktivitas fisik seperti banyak berjalan kaki, naik tangga daripada lift, juga lebih baik dibandingkan dengan duduk diam dan hanya menonton TV tanpa bergerak sama sekali.
  2. Tidur yang cukup (3)
    Salah satu penyebab kelelahan yang utama adalah kurang tidur atau pun susah tidur yang biasanya ditandai dengan pegal-pegal ketika bangun di pagi harinya. Saat tidur merupakan saat yang penting untuk memberikan kesempatan tubuh Anda beristirahat serta me-recovery jaringan tubuh Anda yang rusak. Tentunya, tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas harus di-charge ulang sehingga kualitas tidur Anda pun perlu diperhatikan.Beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang baik di malam hari :

    • Hindari nikotin dan alkohol 4-6 jam sebelum waktu tidur, zat pertama yang disebutkan merupakan stimulan sehingga membuat sulit untuk tidur. Alkohol mungkin memiliki efek menenangkan pada awalnya, alkohol cenderung mengganggu tidur setelah beberapa jam.
    • Sebelum tidur, cobalah menyingkirkan dahulu segala kekhawatiran dari pikiran Anda dan rencanakanlah untuk menyelesaikannya pada waktu lain.
    • Hanya gunakan tempat tidur Anda untuk tidur. Jangan menonton TV atau melakukan pekerjaan kantor di tempat tidur.
    • Hanya pergi tidur ketika sudah merasa mengantuk. Jika Anda tidak dapat tertidur dalam 15- 20 menit, bangkitlah dan bacalah buku atau lakukan aktivitas lain yang membuat Anda rileks, daripada berusaha keras untuk tertidur.
    • Pastikan tempat tidur Anda nyaman dan suasana kamar Anda mendukung untuk mendapatkan tidur yang baik misalnya dalam suhu yang nyaman dan suasana yang tenang.
  3. Konsumsi nutrisi yang tepat (1,2)
    Selain aktivitas fisik yang teratur dan tidur yang cukup, nutrisi juga merupakan elemen yang penting untuk membuat Anda tidak gampang lelah. Asupan karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah seimbang akan membantu Anda dalam beraktivitas sehari-hari karena masing-masing nutrisi tersebut memiliki peranan penting. Karbohidrat sebagai sumber utama energi bagi Anda, protein untuk pembangunan tubuh serta mengganti sel-sel tubuh Anda yang rusak, serta lemak sebagai cadangan energi tubuh Anda.Selain itu, konsumsi susu yang kaya akan vitamin dan mineral akan membantu mencukupi kebutuhan mikronutrien tubuh Anda. Vitamin dan mineral akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mudah lelah dan tetap semangat dalam beraktivitas. Salah satu jenis mineral yang terbukti membantu mengatasi rasa lelah adalah Magnesium yang berperan dalam proses relaksasi otot dan dapat membantu sel-sel saraf tetap merasa tenang dan juga rileks, sehingga membuat tubuh tidak gampang lelah.

    Kini HiLo Active diformulasi dengan magnesium khusus yang lebih mudah diserap tubuh sehingga efeknya paling cepat terasa dibandingkan dengan bentuk magnesium yang lain. Dengan mengkonsumsi HiLo Active dua gelas setiap harinya dapatkan manfaatnya yang akan membantu mengatasi rasa lelah anda. HiLo Active, More Active Less Fatigue.

References :

  1. Christodoulou, C., William S.M., and Lauren B. Krupp. 2007. Fatigue. Current Clinical Neurology: Psychiatry for Neurologists.
  2. Jeukendrup, A and M. Gleeson. 2004. Sport Nutrition: An Introduction to Energy Production and Performance. Human Kinetics: USA.
  3. Nordenberg, T. 1998. Tossing and Turning No More:How to Get a Good Night’s Sleep. FDA Consumer Magazine July-August 1998.
  4. George Mateljan Foundation.Magnesium.2009.
  5. http://whfoods.org/genpage.php?tname=nutrient&dbid=75#deficiencysymptoms