Jangan lupa rutin berolahraga, begitulah salah satu nasihat hidup sehat yang sering didengar. Ya, olahraga memang penting dijalankan sebagai bagian hidup sehat karena punya banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan dan menyenangkan adalah senam, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman atau keluarga. Agar lebih bersemangat saat senam, mari simak penjelasan mengenai manfaat-manfaat senam untuk kesehatan di artikel ini.

 

opener

 

Apa yang terjadi saat senam?

Saat berolahraga aerobik (misalnya senam), kita menggerakan hampir seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, kita telah menggunakan dan melatih otot-otot besar pada tangan, kaki, dan pinggul. Selain itu, terjadi peningkatan laju pernafasan dan denyut jantung yang menyebabkan kadar oksigen di darah meningkat dan pembuluh darah membesar. Perubahan-perubahan metabolisme ini akan memberikan dampak positif yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

 

Senam bantu jaga berat badan

Sama seperti olahraga lainnya, senam membantu membakar kalori dan lemak. Dikombinasi dengan pola makan yang sehat, senam tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga untuk menjaga penampilan dan berat badan yang sehat. Pastikan Anda melakukan gerakan senam dengan lincah dan gesit agar kalori yang terbakar lebih optimal.

 

Senam bantu tingkatkan stamina

Malas untuk bergerak dan mengikuti senam bersama karena merasa lelah? Jangan salah, olahraga justru dapat membantu meningkatkan stamina Anda. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat berolahraga, kadar oksigen di dalam darah meningkat dan kerja jantung menjadi lebih efisien. Efek positifnya, Anda akan menjadi lebih berenergi dan bersemangat yang tentunya mendukung aktivitas dan kesibukan harian.

 

Senam bantu jaga kesehatan

Manfaat olahraga untuk kesehatan jelas bukan hal yang baru. Sebagai olahraga aerobik, senam dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat lainnya? Mulai dari membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, hingga membantu pengaturan kadar gula darah.

 

Senam untuk lebih bahagia

Senam dapat tingkatkan pelepasan hormon endorphine yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan membantu mengurangi stress. Selain itu, mereka yang rutin berolahraga juga diketahui memiliki kualitas tidur yang lebih baik karena lebih lelap. Tidur malam yang lelap jelas penting untuk membuatmood Anda lebih baik esok harinya.

 

Senam untuk aktif hingga lanjut usia

Senam bermanfaat untuk membuat tulang dan otot Anda lebih kuat. Dengan begitu, Anda akan dapat tetap aktif walau usia terus bertambah. Manfaat lainnya, senam bermanfaat menjaga fungsi otak dan mencegah pikun.

 

Jadi, pastikan untuk terus aktif dan rutin berolahraga. Lengkapi dengan nutrisi seimbang, agar tetap sehat dan gesit.

 

References:

1.       The Benefits of Physical Activity. 2014. Harvard School of Public Health.

2.       Exercise: 7 benefits of regular physical activity. 2014. Mayoclinic.

3.       What aerobic exercise does for your health. 2014. Mayoclinic.

4.       Physical Activity and Health: The Benefits of Physical Activity. 2011. Centers for Disease Control and Prevention.