“Malas olahraga ah, nanti kecapekan.” Komentar tersebut kadang terdengar ketika kita mengajak teman kita berolahraga. Malahan, komentar tersebut bisa saja keluar dari mulut kita sendiri. Akibatnya, kita jadi malas berolahraga untuk menghindari rasa lelah. Padahal, olahraga mutlak dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

light-exercise

Tak dapat dipungkiri, berolahraga memang dapat membuat kita lelah atau pegal. Hal ini dikarenakan penumpukan asam laktat di otot. Asam laktat terbentuk sebagai hasil dari pemecahan glikogen untuk menghasilkan energi. Semakin keras dan semakin lama kita berolahraga, semakin banyak asam laktat yang terkumpul. Apabila asam laktat yang dihasilkan melebihi batas toleransi kita, kita akan merasa lelah atau fatigue. Adapun daya tahan kita ditentukan oleh kebiasaan berolahraga. Semakin sering kita berolahraga, daya tahan pun akan semakin meningkat sehingga kita tidak mudah merasa lelah.

Namun, jangan khawatir dulu apabila kita masih pemula! Kita dapat terus berolahraga tanpa cepat merasa lelah. Kuncinya adalah membiasakan diri dengan berolahraga. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan, stretching, dan sebagainya. Olahraga ringan yaitu olahraga dapat meningkatkan detak jantung sampai 60-70% detak jantung maksimal (detak jantung maksimal = 220 – usia Anda). Indikasinya, Anda masih dapat terus berbicara sembari berolahraga tanpa terengah-engah.

Menurut penelitian, olahraga ringan menghasilkan asam laktat yang jauh lebih rendah dibandingkan jenis olahraga medium maupun olahraga berat. Bahkan, olahraga ringan tidak menghasilkan asam laktat sepanjang asupan oksigen dapat mencukupi kebutuhan seluruh otot. Karena itulah, kita tidak mudah merasa lelah atau pegal.

Bagi yang sudah expert dalam berolahraga, Anda pun dapat mendapatkan manfaat dari olahraga ringan. Cobalah mengkombinasikan olahraga yang Anda lakukan dengan olahraga ringan. Penelitian menunjukkan bahwa interval training (olahraga dengan intensitas tinggi yang diselingi dengan olahraga ringan) dapat menurunkan fatigue, memperlambat rasa pegal, dan meningkatkan performance. Hal ini dikarenakan akumulasi asam laktat yang lebih lambat sehingga Anda tidak mudah merasa lelah. Performa pun meningkat karena tubuh Anda dapat melakukan recovery selama Anda melakukan olahraga ringan. Hasilnya, Anda dapat berolahraga lebih lama dan membakar kalori lebih banyak.

Selain latihan ringan, asupan nutrisi dari makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral juga dapat membuat Anda tidak gampang lelah. Vitamin dan mineral akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mudah lelah saat beraktivitas.

Hilo Active adalah susu mineral untuk tetap aktif tanpa gampang lelah, karena diformulasi dengan magnesium khusus. Karenanya, konsumsilah susu HiLo Active 2 kali sehari. Kandungan magnesium khusus dalam Hilo Active akan membantu mengatasi rasa lelah setelah beraktivitas.

HiLo Active : More Active, Less Fatigue

References :

  1. Owles, Harding. 1930. Alterations in the Lactic Acid Content of the Blood as a Result of Light Exercise, and Associated Changes in the CO2 Combining Power of the Blood and in the Alveolar CO2 Pressure. The Journal of Physiology 6: 776-780.
  2. Tanaka, Hirofumi, Kevin M, and Douglas R.S. 2001. Age Predicted Maximal Heart Rate Revisited. Journal of The American College of Cardiology 37(1): 153-156.
  3. L. Véronique Billat. 2001. Interval Training for Performance: A Scientific and Empirical Practice Special Recommendations for Middle- and Long-Distance Running. Part I: Aerobic Interval Training. Sports Med 31 (1): 13-31