Siapa yang tidak ingin tetap aktif bersama anak dan cucu? Semua pastinya ingin bisa berkumpul dan bebas beraktivitas bersama keluarga tanpa gangguan, tentunya hingga kakek-nenek nantinya. Nah, apa saja yang dibutuhkan agar dapat hidup aktif dan bebas bergerak? Yuk, simak tips-tips berikut.

 

aktif-happy-gesit-hilo-platinum

 

Tulang Sehat
Tulang merupakan penyokong tubuh yang penting agar kita dapat bergerak dengan baik. Tulang merupakan tempat melekatnya otot yang diperlukan dalam pergerakan tubuh. Tak hanya itu, tulang juga berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh yang penting agar tidak ‘terluka’.

Agar tulang sehat dan kuat sehingga kita bisa bebas bergerak, asupan nutrisi yang mencukupi sangatlah penting. Salah satunya, kalsium dan vitamin D. Kalsium merupakan mineral utama penyusun tulang, dan asupan kalsium yang mencukupi penting untuk menjaga agar tulang tetap kuat dan kokoh. Bagaimana dengan vitamin D? Vitamin D penting untuk membantu penyerapan kalsium agar lebih optimal.

 

Sendi Sehat
Sendi merupakan tempat bertemunya tulang. Sebagian dari sendi-sendi yang ada di tubuh bersifat kaku sehingga tidak dapat digerakkan, misalnya sendi pada tulang tengkorak kepala. Sebaliknya, banyak sendi lain yang bersifat fleksibel dan dapat digerakkan seperti sendi pada lutut, pinggul, dan bahu. Sendi yang bersifat fleksibel ini biasa dilapisi oleh jaringan tulang rawan yang berfungsi untuk membantu pergerakan tulang dan mencegah tulang saling berbenturan saat kita bergerak.

Apa yang penting untuk menjaga kesehatan sendi? Salah satunya, glucosamine dan chondroitin. Glucosamine dan Chondroitine adalah komponen penyusun tulang rawan  yang melapisi tulang. Selain itu, glucosamine juga merupakan penyusun minyak sinovial yang bertindak sebagai cairan pelumas di antara sendi. Keduanya penting untuk mencegah tulang bergesekan saat bergerak yang dapat menimbulkan rasa nyeri.

 

Berat Badan Ideal
Tubuh dengan berat ideal tidak hanya untuk penampilan, melainkan juga mendukung kita untuk bebas bergerak. Tak percaya? Berat badan berlebih berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit metabolik seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Bagaimana mungkin bisa aktif jika tubuh kita diselimuti berbagai macam penyakit? Selain itu, berat badan berlebih berarti beban yang lebih besar untuk sendi. Akibatnya, risiko terkena penyakit sendi pun lebih besar. Padahal, seperti dijelaskan di atas, sendi yang sehat penting untuk pergerakan tulang pada tubuh.

Untuk menjaga berat badan ideal, kuncinya adalah keseimbangan kalori. Pastikan asupan makanan yang dikonsumsi tidak melebihi jumlah yang diperlukan untuk beraktivitas. Salah satunya dapat dilakukan dengan memilih makanan yang rendah kalori dan rendah lemak, serta diimbangi dengan aktif bergerak. Agar lebih aktif bergerak, ajak keluarga untuk memulai dari hal-hal kecil seperti naik tangga dan bukan lift, membuat tantangan ‘paling aktif’ di keluarga, berjalan santai mengelilingi kompleks setelah makan, atau membuat hari ‘stop gadget’ yang diisi dengan olahraga bersama.

Bingung mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk terus bebas bergerak? Sebenarnya, tidak sulit! Apalagi, kini ada susu HiLo Platinum; susu premium yang lebih tinggi kalsium dan protein, paling enak dan paling lengkap dengan Glucosamine, Chondroitine, dan 74 mineral organik dari alga merah, untuk gerak lebih gesit.

 

References :

  1. Bone Health for Life: Easy-to-Read Information for Patients and Families. 2011. National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases.
  2. Aim for a Healthy Weight. 2013. National Institutes of Health.
  3. Healthy Joints Matter. 2012. National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases.
  4. Glucosamine and Chondroitin for Osteoarthritis. 2008. The Journal of International Medical Research; 36: 1161-1179.
  5. Epidemiology and economic consequences of osteoarthritis. In: Osteoarthritis: Clinical and Experimental Aspects. 1999. Springer; 38-52.
  6. Glucosamine hydrochloride for the treatment of osteoarthritis symptoms. 2007. Clin Interv Aging; 2: 599-604.