Indahnya matahari terbit, sejuknya udara pagi, merupakan anugerah Tuhan yang tidak bisa dinilai dengan uang. Begitu juga dengan kebebasan yang kita miliki. Namun, terkadang kebebasan Anda sering dibatasi oleh hal-hal tertentu yang tidak Anda inginkan. Misalnya saja, terhalangnya gerak Anda, karena permasalahan nyeri sendi. Setiap Anda begerak, sendi terasa sakit dan nyeri. Alhasil, Anda harus membatasi gerak Anda.

teh-hijau

Nyeri Sendi? Aduh!
Masalah nyeri sendi memang sering dialami banyak orang, dan salah satu penyebab dari nyeri sendi yang banyak ditemukan adalah penyakit rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyerang bagian persendian, di mana penderitanya mengalami peradangan pada bagian sendi yang menyebabkan timbulnya rasa sakit. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bergerak dan berjalan.

Penyebab utama dari penyakit ini sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun jenis kelamin ternyata ikut mempengaruhi tingkat risiko penyakit ini. Arthritis Foundation menyatakan bahwa wanita memiliki tingkat risiko terkena penyakit rheumatoid arthritis yang lebih tinggi, hingga 2 sampai 3 kali lipat. Berdasarkan data, dari seluruh penderita rheumatoid arthritis, tercatat 70 %-nya adalah wanita.

Nikmatnya Teh Hijau, Menghadang Nyeri Sendi
Teh hijau memang minuman yang sangat popular. Jika membicarakan manfaat teh hijau, rasanya tidak ada habis-habisnya. Mulai dari membantu mengurangi risiko penyakit kanker sampai membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Dan ternyata, manfaat teh hijau tidak berhenti di situ. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa teh hijau juga dapat membantu Anda yang menderita nyeri sendi.

Tapi, masalah yang dihadapi oleh penderita osteoarthritis ternyata bukan hanya masalah pada sendi, melainkan juga pada tulang. Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Osteoarthritis Cartilage menunjukkan bahwa para penderita osteoarthritis pada bagian sendi tangan ternyata memiliki tingkat kepadatan tulang pada jari-jari tangan yang lebih rendah. Berarti, para penderita osteoarthritis ini berisiko menderita osteoporosis (penyakit kerapuhan tulang) di kemudian hari.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan Health System ini menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menghambat proses peradangan dan mengurangi rasa sakit pada penderita rheumatoid arthritis. Manfaat teh hijau ini berkaitan dengan kandungan senyawa Epigallocatechin-Gallate (EGCG) di dalamnya. Senyawa EGCG adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel.

Senyawa ini terbukti dapat menghambat produksi dan aktivitas dari senyawa-senyawa yang menyebabkan terjadinya peradangan pada sendi. Hal ini penting untuk menghambat terjadinya proses peradangan pada sel-sel tulang rawan yang terdapat di jaringan sendi. Dengan terhambatnya proses peradangan ini, kerusakan pada sendi pun dapat dihambat.

Jadi, bagi Anda yang mengalami nyeri sendi, mulailah menambahkan teh hijau sebagai teman makan Anda dan dapatkan segala manfaat teh hijau dari setiap tegukannya. Anda dapat merasakan kenikmatan segelas teh hijau dengan segala manfaatnya untuk kebebasan hidup Anda, termasuk bebas  bergerak tanpa nyeri sendi!