Klik disini untuk belanja produk HiLo secara online
Belanja produk HiLo secara online
Information Information
Kalsium dalam Buah dan Sayur
Kalsium dalam Buah dan Sayur

Masih banyak yang belum mengerti bahwa kandungan kalsium dapat ditemukan pada beberapa makanan yang sebenarnya tidak sulit untuk diperoleh. Kandungan kalsium tertinggi dapat ditemukan pada susu. Karenanya susu disebut sebagai penyempurna gizi seimbang. Namun, adakah kandungan kalsium selain susu?

Disadari atau tidak, buah dan sayur selain mengandung serat yang tinggi, keduanya juga memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu kebutuhan tubuh kita. Akan tetapi kandungan kalsium dalam buah dan sayur memang tidak sebesar susu.

Buah juga mengandung kalsium, tapi dalam jumlah sedikit. Umumnya, buah hanya mengandung 1-9% kecukupan kalsium harian. Berikut beberapa macam buah yang mengandung kalsium:

  • Pomegranate
  • Apel merah
  • Strawberry
  • Buah naga
  • Jambu biji
  • Papaya
  • Nanas
  • Mangga
  • Alpukat
  • Kiwi
  • Anggur
  • Pir
  • Pisang
  • Manggis

Untuk sumber kalsium yang berasal dari sayuran dapat diperoleh dari bayam. Bayam mengandung kalsium dalam jumlah 10-19% AKG (sehingga tergolong sumber yang baik akan kalsium), tapi kalsium dari bayam lebih sulit diserap tubuh dibanding dari susu. Hal ini karena kalsium dalam bayam terikat dengan oksalat.

Jadi, untuk apa membuang salah satunya? Susu, sayur, dan buah sama-sama baik utk kesehatan. Selain tinggi serat dan vitamin, ketiganya juga kaya akan kalsium. Konsumsi sayur saat makan besar, makan buah setelahnya dan rutin minum susu dua kali sehari saat sarapan dan sebelum tidur.