Grand Final HiLo Green Leader pada tanggal 9 Oktober 2015 berlangsung seru. Pukul 18:30, para supporter dan tamu undangan sudah mulai memenuhi venue Grand Final di Skeeno Hall, Gandaria City. Semua tampak antusias menantikan penampilan dari para pejuang lingkungan muda yang masuk dalam 12 besar Grand Finalist.

Keseruan acara ini diwarnai oleh para 12 Grand Finalist yang masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda dalam berkontribusi terhadap lingkungan sekitar mereka. Ada yang menunjukkan passionnya di bidang Geothermal, ada yang ahli dalam hal green-education, dan ada juga yang sudah berhasil membuat produk batik dengan memanfaatkan bakau sebagai pewarnanya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Fitri Tropika dan Gilang Dhirga sebagai host, dan juga beberapa artis seperti Gamaliel-Audrey-Cantika, Citra Scholastika, dan Andien yang membuat acara ini juga berlangsung dengan fun dan menarik. HiLo Green Leader kali ini juga menghadirkan  Suzy Hutomo (CEO of The Body Shop Indonesia), Angelique Dewi (Head of Nutrifood Green Committee), Fira Basuki (Editor-in-Chief of Cosmopolitan Indonesia), dan Bijaksana Junerosano (Founder of Greeneration Indonesia) sebagai dewan juri yang memberikan penilaian untuk para Grand Finalist.

Berdasarkan proses yang telah mereka lalui di karantina sampai pada penilaian dari para juri, maka pemenang dari HiLo Green Leader jatuh pada Sugeng Handoko mewakili DIY. Sugeng Handoko mengembangkan kawasan ekowisata yang ramah lingkungan di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain itu, Sugeng merupakan perintis dan pengelola Komunitas Gunung Api Purba Nglanggeran. Di sana, Ketua Forum Kader Konservasi Alam Indonesia Koordinator Daerah di Yogyakarta ini melakukan jambore penghijauan, pengelolaan sampah, kampanye cinta lingkungan, serta melakukan penanaman pohon. Passion pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2012 di bidang ecotourism ini membuatnya menjadi pemenang utama di HiLo Green Leader.

Selain itu, dipilih juga runner-up HiLo Green Leader yang jatuh pada Cahyadi, perwakilan dari Jawa Tengah. Cahyadi saat ini tengah mengembangkan brand produk Batik Bakau, kerajinan batik yang dibuat dari Bakau sebagai bahan pewarnanya. Manajer Program Ikatan Keluarga Kelompok Studi Mangrove yang mengukuhkan dirinya sebagai seorang green-enterpreneur ini juga aktif di Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur.

Tentunya, acara HiLo Green Leader tidak akan sesukses ini tanpa bantuan dari pihak-pihak yang mendukung acara ini. Terimakasih kepada Citadines Kuta Bali yang menyediakan tempat untuk para Grand Finalist selama proses karantina di Bali, Citilink yang memberikan layanan penerbangan terbaik saat para Grand Finalist berangkat dari Jakarta – Bali dan sebaliknya, Heavenly Blush yang menyediakan snack dan yoghurt selama acara berlangsung, Hotel Morrissey tempat para Grand Finalist menginap di Jakarta, La Tulipe yang memberikan make-up untuk para Grand Finalist sehingga bisa tampil maksimal, dan juga Brodo yang menyediakan footwear untuk Grand Finalist pria.

Daftar pemenang:

  • FIRST WINNER HiLo Green Leader: Sugeng Handoko (@sugeng_handoko) – DIY
  • Runner Up HiLo Green Leader: Cahyadi (@dekcahyadi) – Jawa Tengah
  • The Best Eco-Educator: Tenia (@swieteniapuspa) – Kalimantan Timur
  • The Best Eco-Presenter:  Biondi (@biondisima) – Sulawesi Tengah
  • The Best SocioGreener: Laila (@lailalovalia) – DKI Jakarta