Klik disini untuk belanja produk HiLo secara online
Belanja produk HiLo secara online
Information Information
Susu Kalsium HiLo, Pas Tidak Berlebih!
Susu Kalsium HiLo, Pas Tidak Berlebih!

Takut minum susu? Ya, mungkin Anda akan terkejut mendengar kabar ini: beberapa orang lebih memilih menghindari minuman yang satu ini. Alasannya sederhana: karena susu adalah minuman yang tinggi kalsium. Dan gosipnya adalah, sering minum susu, apalagi yang tinggi kalsium, bisa mengakibatkan batu ginjal karena tubuh kelebihan kalsium.

Apa sih batu ginjal itu?
Batu ginjal (nephrolithiasis) adalah "batu" yang terbentuk dari mineral-mineral di dalam urin. Walaupun namanya "batu ginjal", tapi batu-batu tersebut bisa terbentuk di ginjal, kandung kemih, bahkan saluran kencing. Penyebab utama batu ginjal justru adalah faktor keturunan. Tubuh sebenarnya memiliki mekanisme khusus untuk mencegah penggumpalan kristal kalsium. Namun, mekanisme ini justru tidak bekerja pada penderita batu ginjal dan keturunannya, sehingga mereka lebih rentan terkena batu ginjal.

Tak hanya itu, batu ginjal juga bisa disebabkan akibat kurangnya volume urin. Terdapat hubungan antara volume air yang diminum (dan dikeluarkan sebagai urin) dengan risiko batu ginjal; semakin sedikit air yang diminum tiap hari, semakin tinggi risiko terkena batu ginjal. Untuk menghindari risiko batu ginjal, seseorang sebaiknya mengonsumsi air kira-kira 2 liter perhari.

Kalsium = batu ginjal?
Ternyata tidak seperti yang digosipkan, konsumsi kalsium tidak menyebabkan batu ginjal. Data terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Urology menyebutkan, risiko terbentuknya batu ginjal justru menurun hingga 6% pada orang-orang yang cukup mengonsumsi kalsium setiap harinya. Selain itu, risiko terbentuknya batu ginjal juga akan menurun sebanyak 13% pada orang-orang yang cukup minum air. Yang harus diwaspadai justru konsumsi garam, karena bisa menaikkan risiko terkena batu ginjal hingga 11%.

Berapa banyak kalsium yang cukup?
Seperti mineral-mineral yang lain, kalsium akan bermanfaat bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Badan Pengawas Obat dan Makanan RI menyepakati, kebutuhan optimal kalsium bagi orang dewasa adalah 800 mg perhari. Sementara itu, batasan maksimum kalsium yang disepakati secara internasional adalah 2000 mg perhari, kira-kira setara dengan 4 gelas susu tinggi kalsium.

Menariknya, sangat jarang ditemukan orang yang mengonsumsi kalsium sampai batas tertinggi ini; anak-anak di kota Bandung hanya mengonsumsi 228 mg kalsium perhari atau hanya 22% dari kebutuhan kalsium harian. Kekurangan ini disebabkan karena kurangnya konsumsi susu perhari. Konsumsi kalsium yang melampaui batas maksimal hanya teramati di orang-orang yang mengonsumsi suplemen kalsium secara berlebihan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau kelebihan kalsium bikin batu ginjal itu mitos. Jadi, nggak perlu takut lagi minum susu kalsium. Lengkapi kebutuhan kalsium dan mineral lainnya harian kamu dengan minum susu HiLo setiap hari, untuk gerak lebih gesit.