Program desa binaan Curug Dago adalah program jangka panjang yang dilaksanakan dalam satu tahun oleh HiLo Green Community (HGC) Bandung. Terdapat beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di Curug Dago. Memilih tema desa binaan karena merupakan program jangka panjang satu tahun, karena suatu perubahan tidak bisa hanya dengan sekali gerakan atau program saja, sehingga perlu dilakukan pemantauan secara terus menerus agar terlihat perkembangan dan perubahannya. Pihak yang terlibat didalam program ini adalah warga Curug Dago dan beberapa mahasiswa yang membangun desa tersebut ikut didalamnya membantu berjalannya program ini.

 

Pada 11 September 2014, para anggota dari HGC Bandung melakukan pengenalan mengenai komunitas dan program desa binaan di Curug Dago kepada warga. Didalamnya HGC Bandung mulai mengedukasi mengenai lingkungan kepada anak-anak Sakola Cikapundung dengan pendekatan belajar sambil bermain. Selain itu HGC Bandung juga dikenalkan dengan kondisi keseluruhan Curug Dago. Tujuan dari program desabinaan Curug Dago adalah menyadarkan warga mengenai pemilihan sampah khususnya dan menjaga lingkungan secara umum. Sehingga diharapkan warga dapat mandiri untuk meneruskan program yang telah dibuat. Beberapa program didalamnya adalah pembuatan bank sampah dan pengelolaan TPST.

 

Program dilanjutkan pada 28 September 2014 para anggota HGC Bandung mulai melakukan edukasi kerumah rumah warga mengenai pemilihan sampah, membagikan stiker edukasi dan juga gantungan plastik sebagai media pemilihan sampah. Mengajak beberapa komunitas lain untuk bergabung bersama mengedukasi warga curug dago dalam D2DEDUCATION (Door to Door education). Selain itu terdapat juga program bebersih Sungai Cikapundung yang melintasi Curug Dago.

 

Acara ini berlangsung dengan sukses dan lancar. Antusiasme dari para warga sangat besar. Mereka berharap program ini akan berlangsung secara terus menerus sehingga perubahan lebih terasa. Anak-anak sekolah Curug Dago merasa terhibur dan diberikan edukasi mengenai lingkungan oleh kami. Memang pendidikan lingkungan yang sangat dasar, tetapi mereka mengakui sangat membutuhkan edukasi tersebut sebagai motivasi untuk perubahan lingkungan di sekitarnya. Kamu tertarik benkontribusi bersama HiLo Green Community Bandung, contact us on twitter @HiLoBdg!