Selama setahun telah banyak aksi lingkungan yang telah dilaksanakan oleh HiLo Green Community Surabaya bersama komunitas lingkungan, komunitas sosial maupun budaya yang ada  di Surabaya. Pada tanggal 30 November 2014, HiLo Green Community Surabaya mengadakan event akhir tahun Community Shortival dengan tema “Green for Surabaya”. Bertempat di BG Junction Mall Surabaya, acara dimulai pukul 12.00-20.00 WIB dengan 12 komunitas, 6 green market, penampilan akustik, dance cover & beatbox dari anak muda berbakat di Surabaya.

 

Komunitas yang ikut berpartisipasi antara lain adalah Earth Hour, Akademi Berbagi, Kelompok Pemerhati & Pecinta Lingkungan (KPPL), Kelompok Jurnalis Pecinta Lingkungan (KJPL), Nol Sampah, AMSA UHT, Kendos Runner, Cak & Ning Surabaya serta Youth & Green Health. Green market yang ikut berpartisipasi adalah hasil usaha dari anak muda Surabaya yang mengangkat daur ulang sampah sebagai bahan dasar pembuatannya, antara lain adalah Flynn (daur ulang dari kanvas), Alexa Ghoni (daur ulang dari karung goni), Startic ID (daur ulang dari sak semen), Venus Aretha (daur ulang dari botol bekas), Borneo Be (daur ulang dari manikam Kalimantan) & Dus Duk Duk (furniture dari bahan dasar kardus).

 

Acara ini berlangsung dengan pengunjung lebih dari 150 orang, tidak hanya dihadiri dari mahasiswa tetapi juga turut hadir Mas Wawan & Mbak Hani selaku aktivis ekowisata mangrove, Mas Nurdin selaku aktivis lingkungan yang juga berprofesi sebagai fotografer lingkungan dan Mas Teguh yang konsisten sebagai jurnalis lingkungan. Tidak sedikit anak muda Surabaya yang ikut bergabung menjadi anggota HiLo Green Community Surabaya maupun bergabung dengan komunitas lainnya. Acara yang berlangsung selama 8 jam ini dimulai dari sharing kegiatan masing-masing komunitas termasuk HiLo Green Community Surabaya, green campaign sampai kupas tuntas seputar green market anak muda yang ada di Surabaya.

 

Pada akhir acara diumumkan award bagi 3 komunitas terfavorit dan 2 green market terfavorit. Penilaian langsung dari pengunjung meliputi booth yang paling menarik dengan bahan daur ulang, konten waktu sharing dan kekompakan dari anggotanya. Komunitas terfavorit adalah Kelompok Pemerhati & Pecinta Lingkungan (KPPL), AMSA UHT & Kendos Runner, sedangkan green market terfavorit adalah Venus Aretha dan Dus Duk Duk. Pemenang award ini nantinya akan mendapat kesempatan siaran langsung untuk dapat memberikan inspirasi bagi anak muda Surabaya di JEJE Radio Surabaya, She Radio dan Global Radio yang merupakan media partner acara Community Shortival, di samping beberapa media lain antara lain Prrovoke!, Inspirasi Nusantara dan Surabaya Family.

 

Join us @HiLoSby