Coba tebak, bagian tubuh apa yang memungkinkan Anda untuk beraktivitas, bergaul dengan teman-teman, bahkan berdiri? Bila jawaban Anda bukanlah tulang, berarti Anda wajib baca Info Sehat HiLo kali ini!

 

What’s in the Bone?
Tulang tersusun atas kalsium; 99% dari total kalsium dalam tubuh terdapat dalam tulang. Tubuh membangun kepadatan tulang hingga Anda berumur 30 tahun. Setelah itu, kalsium dalam tulang pun berangsur-angsur digunakan tubuh hingga tua.

Tulang juga berfungsi sebagai “simpanan” kalsium dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan kalsium terutama akibat asupan kalsium sehari-hari yang kurang – tulang melepaskan kalsiumnya untuk digunakan bagian tubuh yang lain, dan hal ini pun terjadi juga dalam masa pertumbuhan. Bila ini terus berlangsung, tulang yang terbentuk akan rapuh dan mudah patah, gejala yang sering dikenal sebagai osteoporosis.

 

kalsium-vitamin-d

 

Help from The Sun
Kalsium ternyata tidak berperan sendirian dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin D juga berperan sama pentingnya. Fungsi utama Vitamin D adalah mengoptimalkan penyerapan kalsium dari makanan sehigga tubuh dapat memanfaatkannya dengan mudah. Menurut penelitian, asupan vitamin D dengan jumlah yang cukup dapat meningkatkan efisiensi penyerapan kalsium hingga 30%. Selain itu, konsumsi vitamin D yang cukup  dapat menurunkan risiko patah tulang terutama pada remaja dengan tingkat aktivitas yang tinggi.

Tertarik memenuhi kebutuhan vitamin D Anda? Yang Anda butuhkan untuk melengkapi kebutuhan Vitamin D harian Anda hanyalah berada di bawah mentari pagi selama 15 menit, tiga kali dalam seminggu. Atau, bila Anda sulit meluangkan waktu di bawah sinar matahari, Anda dapat melengkapi kecukupan vitamin D harian dari makanan, terutama ikan salmon, telur, dan susu.

Tulang sehat dan kuat adalah investasi tetap aktif hingga tua nanti. Bahkan, manfaatnya pun bisa Anda petik dari sekarang. Yuk jaga kesehatan tulang dan gerak lebih gesit bersama kalsium dan Vitamin D!

 

Reference :

  1. Boyle, M.A. & Long, S. 2007. Personal Nutrition, seventh edition. CA: Wadsworth N. Engl. J. Med 357(3): 266-281 ScienceDaily. 2012. Vitamin D Intake May Be Associated With Lower Stress Fracture Risk in Girls